Dalam rangka mengawali semester 2 tahun ajaran 2024-2025, SD Muhammadiyah 1 Kota Malang mengadakan kegiatan Upgrading untuk peningkatan kompetensi guru. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada 16-18 Desember 2024. Program ini dirancang untuk mendukung para pendidik dalam meningkatkan mutu pengajaran melalui pembaruan pengetahuan dan pengembangan keterampilan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para guru dapat menghadirkan proses pembelajaran yang lebih inovatif, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era modern.
Pada hari pertama kegiatan Upgrading Guru di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang, materi yang diusung adalah Meningkatkan Sikap Inklusif di Lingkungan Sekolah. Setelah pembukaan yang penuh makna oleh Kepala Sekolah, Sony Darmawan, M.Pd., acaara dilanjutkan dengan sesi utama yang menghadirkan rangkaian materi dan diskusi mendalam mengenai pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan ramah bagi semua peserta didik.
Materi dan diskusi pada sesi ini dipandu oleh Mohammad Cahyadi, S.E., M.Pd., seorang pemateri berpengalaman selaku CEO & Founder Malang Autism Center. Dalam pemaparannya, beliau menekankan bahwa inklusivitas tidak hanya sekadar menerima keberagaman, tetapi juga menyediakan peluang yang setara bagi setiap peserta didik untuk berkembang sesuai potensinya. Dengan gaya penyampaian ynag interaktif, Mohammad Cahyadi mengajak para guru untuk menggali strategi praktis dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip inklusivitas ke dalam proses pembelajaran sehari-hari. Diskusi berlangsung dinamis, di mana para guru aktif berbagi pengalaman dan pertanyaan dalam menghadapi keberagaman di lingkungan sekolah. Pemateri juga memberikan solusi konkret dan inspirasi bagi guru dalam menciptakan suasana kelas yang mendukung semua peserta didik, tanpa memandang perbedaan kemampuan, latar belakang, atau karakteristik individu.
Pada hari kedua kegiatan Upgrading Guru di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang, tema yang diusung adalah Penguatan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Materi ini disampaikan oleh Helina Tusa Adiyah, M.Pd., yang merupakan pengawas sekolah dengan keahlian di bidang pengembangan kurikulum. Dalam sesi ini, Helina Tusa Adiyah menjelaskan secara komprehensif prinsip-prinsip dasar Deep Learning yang berfokus pada fleksibilitas pembelajaran, penguatan karakter peserta didik, dan optimalisasi potensi individu. Beliau juga memaparkan strategi implementasi kurikulum ini di lingkungan sekolah agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik (Berdiferensiasi).
Pada Hari kedua ini, para guru diajak untuk menyusun rancangan untuk melakukan sebuah kegiatan yang dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaraan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis dalam mengintegrasikan elemen-elemen utama kurikulum, seperti proyek penguatan profil pelajar Pancasila, pembelajaran berbasis tema, dan penilaian autentik.
Tepat pada Rabu, 18 Desember 2024 telah dilaksanakan kegiatan Qolbun Salim Kunjungan Panti Asuhan Yayasan Berkarya Paiton yang terletak di Dusun Krajan, Sumberanyar, Kec. Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Dalam kegiatan ini dilakukan berbagai aktivitas positif, dan motivasi yang menginspirasi untuk terus bersemangat dalam meraih cita-cita. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momen upgrading jiwa sosial agar selalu mempunyai rasa empati dan simpati kepada siapapun yang membutuhkan.