Clash of 2 tabligh merupakan game pembelajaran yang diadaptasi dari kompetisi Clash of Champions Ruangguru. Clash of 2 Tabligh ini adalah penerapan metode pembelajaran Game Based Learning. Game Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan permainan sebagai alat untuk mengajarkan materi. Dengan menggabungkan kesenangan dari bermain game dengan proses belajar, metode ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Clash of 2 Tabligh adalah game pembelajaran yang diterapkan oleh ustadz/ustdzah kelas 2 Tabligh SD Muhammadiyah 9 “Panglima Sudirman” Kota Malang. Game tersebut membagi siswa satu kelas menjadi 2 kelompok, yang mana kedua kelompok tersebut harus berkompetisi untuk menjawab soal Pendidikan Pancasila yang telah disiapkan ustadz/ustdzah di layar televisi. Cara bermain game-nya adalah peserta didik berbaris sesuai kelompoknya. Kemudian ustadz/ustadzah akan menayangkan soal di layar. Peserta didik diberi waktu untuk membaca soal terlebih dahulu. Bagi peserta didik yang mengetahui jawaban soal tersebut harus dengan cepat menekan bel agar dapat menjawab soal yang diberikan. Kelompok yang mendapat skor terbanyak yang akan menjadi pemenangnya.
Clash of 2 Tabligh ini dapat mengasah otak, kemampuan daya ingat, melatih fokus siswa, kerjasama antar kelompok, hiburan, dan penggalian potensi peserta didik