Yuk Membuat Pembelajaran dengan Game!

Semenjak adanya Pandemi Covid-19, proses kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah termasuk di SD beralih menjadi pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran daring tentunya sangat berbeda dengan pembelajaran luring. Berbagai upaya dilakukan oleh para guru untuk mencari kegiatan yang tepat dan menarik untuk dilaksanakan dari rumah.

Perkembangan tekhnologi saat ini berkembang sangat pesat sehingga mengharuskan para guru untuk terus beradaptasi dengan membuat pembelajaran yang kreatif. Hal ini bertujuan agar proses kegiatan pembelajaran jarak jauh bisa efektif untuk karakteristik peserta didik saat ini.
Peserta didik SD saat ini umumnya menyukai sesuatu yang kreatif, praktis, dan menyenangkan dalam berbagai kegiatan termasuk dalam kegiatan belajar, apalagi di masa pandemi ini. Salah satu contoh penerapan kegiatan pembelajaran yang disukai mereka adalah berbasis game (permainan).

Adapun tujuan pembelajaran dengan menggunakan game (permainan) ini adalah untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, membuat pembelajaran menarik sehingga peserta didik tidak bosan. Game ini bisa diaplikasikan di mana saja, serta bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Berikut ini adalah beberapa alternatif web atau aplikasi yang bisa dicoba oleh para guru untuk membuat pembelajaran berbasis game:

1. Puzlemaker
Jika para guru ingin membuat puzzle, bisa mengunjungi https://puzzlemaker.discoveryeducation.com. Permaian Puzzle ini sangat menarik dimainkan oleh siapa saja apalagi pada saat sedang belajar di rumah seperti sekarang. Layanan dari Puzzle Maker gratis, namun jika ingin kustomisasi lebih menarik, bisa membayar/membeli fitur tersebut di websitenya. Namun, kelemahannya peserta didik tidak bisa mengetahui secara langsung nilainya dan guru harus mengoreksi manual.

2. Educandy
Aplikasi berbasis web https://www.educandy.com ini digunakan untuk membuat permainan jarak jauh yang menyenangkan. Di dalam educandy, permainan yang dibuat masih dalam konteks belajar yang tidak membosankan. Dengan educandy, pembelajaran lebih bervariasi dan menyenangkan. Educandy memiliki beragam permainan edukatif yang bisa langsung dimainkan. Selain tersedia di website, game ini juga tersedia di platform mobile.

3. Wordwall
Web https://wordwall.net ini berisi game edukasi berbasis kuis yang menarik bagi peserta didik. Para guru bisa membuat beragam model kuis sesuai dengan kreatifitas. Ada banyak kategori game yang bisa dicoba guru mulai dari jenis Match Up, Randoom Wheel, Anagram, Wordsearch, true or false, dan lainnya. Yang menarik di wordwall adalah guru bisa melihat siapa saja yang memainkan game tersebut. Selain itu, wordwall juga mendukung fitur bermain secara multiplayer, offline dan printable.

4. Quizizz
Web https://quizizz.com merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang bisa diterapkan ketika pembelajaran di kelas maupun secara darring. Aplikasi ini sifatnya online jadi hanya dapat digunakan jika jaringan internet memadai. Quizizz sangat mudah dibuat serta dimainkan dan cocok digunakan sebagai media pembelajaran. Di dalam aplikasi ini, tampilan kuisnya sangat menarik dan mempunyai latar belakang musik yang bisa diatur sesuai selera. Jika peserta didik yang suka belajar dengan musik, mereka bisa menyalakannya. Namun, jika ada peserta didik yang butuh ketenangan dalam belajar, maka bisa mematikan suara musik tersebut. Selain itu, tampilan gambarnya sangat menarik membuat peserta didik semakin semangat dan lebih fokus dalam pembelajaran.

Nah itu tadi adalah 4 alternatif web membuat game agar pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa dan guru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

*ditulis oleh Ustadzah Ririn Hariati, S.Pd (wali kelas 5 Al Mughni)