Upgrading Wawasan Kebangsaan

Menjelang berakhirnya liburan sekolah, Muhammadiyah 9 Malang bekerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan (P4TK IPS PKN) menggelar upgrading Wawasan Kebangsaan. Kegiatan tersebut dilakukan selama 2 hari yaitu Senin-Selasa (8-9/7/2019) di Aula SD Muhammadiyah 9 Malang.

Mendatangkan Wening Wijayanti dan Rif’atul Fikryaj sebagai narasumber, upgrading tersebut dikemas dengan melakukan banyak simulasi yang menarik dan menyenangkan sebagai bekal guru dalam menyiapkan pembelajaran di kelas bersama peserta didik. Narasumber mengawali kegiatan dengan menguji pemahaman guru tentang wawasan kebangsaan, kemudian dilanjutkan dengan simulasi pembelajaran tentang membuat peta negara Indonesia dengan metode yang sangat menarik sehingga membuat suasana upgrading semakin hidup.

Keseruan hari kedua semakin terasa dengan beberapa kegiatan yang tak kalah menariknya dengan hari pertama. Kegiatan pertama di hari kedua diawali dengan melakukan pengamatan dan klasifikasi contoh pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang ada pada media cetak, yaitu koran. Dengan metode windows shoping, seluruh peserta diminta untuk mengamati hasil kelompok lain serta memberikan tanggapan. Selanjutnya, seluruh peserta secara tiba-tiba diminta mengklasifikasikan gambar, nama, dan deskripsi tokoh pahlawan bangsa.

Selain itu, guru juga mendapat kejutan dari narasumber berupa diajak menyanyikan lagi Indonesia raya 3 stansa menggunakan video yang ditampilkan lewat monitor. Begitu video selesai, tiba-tiba narasumber meminta guru untuk menyusun potongan lirik lagu Indonesia Raya 3 stansa. Tentu hal tersebut membuat ruang aula menjadi lebih hidup dengan ekpresi kebingungan dan semangat dari seluruh peserta.

Yang manarik dari kegiatan upgrading tersebut adalah selama kegiatan seluruh peserta dilarang menggunakan gawai sama sekali sampai acara selesai. Itulah yang membuat kegiatan menjadi lebih menarik dan menantang.