Tumbuh Kembang Anak

Anak merupakan suatu anugerah dari Allah SWT untuk semua orang tua. Saat anak terlahir di dunia ini, pastinya orang tua akan ada perasaan terharu karena bahagia dengan kehadiran buah hati yang sudah ditunggu-tunggu selama kurang lebih 9 bulan 10 hari dalam kandungan. Setiap anak yang terlahir di dunia ini merupakan suatu rezeki yang langsung diberikan Allah SWT. Hal ini kita sebagai orang tua anak harus bisa menjaga amanah tersebut, mulai dari mendidik anak agar tumbuh kembang anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Tumbuh kembang anak juga banyak dipengaruhi dari beberapa faktor internal maupun eksternal, mulai faktor keluarga dan juga lingkungan. Kedua faktor ini memiliki peran yang penting dalam tumbuh kembang anak. Peran orang tua sangat penting dalam pembelajaran awal dalam kehidupan anak mulai pembentukan kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Dalam pembentukan kognitif anak, terdapat beberapa aspek yang harus orang tua ketahui diantaranya adalah pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis dan penilaian. Pada ranah afektif pembetukan ini meliputi perasaan, sikap, minat, emosi dan nilai. Pada ranah psikomotorik pembentukan ini meliputi keterampilan anak (skill) dalam melakukan suatu aktifitas.

Selain itu faktor eksternal yaitu lingkungan,  hal ini tak kalah penting dalam pembentukan tumbuh kembang anak. Lingkungan pertama bagi anak adalah keluarga, akan tetapi seiring berjalannya usia anak maka semakin besar juga jangkauannya seperti masyarakat yang berada pada lingkungan anak tersebut. Pada faktor ini tumbuh kembang anak semakin terbentuk dari cara bersosial dengan rekan sebayanya maupun yang lebih tua dari si anak. Apabila lingkungan tidak mendukung untuk bersosialisasi, anak akan sulit juga dalam mengenal karakter pada lingkungan yang ditinggalinya.

Sebagai orang tua kita harus selalu memperhatikan tumbuh kembang anak dalam setiap tahapnya, supaya anak mendapatkan yang terbaik dalam tumbuh kembangnya.

 

Ditulis oleh: Ustadz Budi Cakra Buana (Pendamping kelas 5 Annafi’)