Tips Belajar Daring agar Menyenangkan*

Sejak pertengahan Maret 2020 seluruh siswa mulai paud sampai perguruan tinggi harus belajar dari rumah untuk mencegah penularan covid-19. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online/ daring merupakan suatu hal yang baru dan mendadak. Sehingga diperlukan adaptasi baik untuk guru dan siswa agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Awalnya pembelajaran dilakukan di sekolah dengan tatap muka langsung dengan teman-teman, guru, dan seluruh warga sekolah namun sekarang harus dilakukan melalui virtual. Siswa tidak lagi bisa belajar dengan dengan teman-temannya, tidak bisa bertemu langsung dengan guru, tidak bisa beli jajan di kantin dengan temannya, tidak bisa melakukan upacara bendera bersama-sama, tidak bisa bermain dan olahraga bersama teman, dan lain sebagainya.

Pandemi covid-19 dialami oleh hampir seluruh dunia dan sudah berlangsung hampir 1,5 tahun sampai sekarang. Dari kurun waktu hampir 1,5 tahun anak-anak pasti akan merasakan kejenuhan dalam proses belajar daring dari rumah. Nah, berikut ada beberapa tips agar kegiatan belajar daring dari rumah dapat menyenangkan:

1. Carilah tempat belajar yang nyaman di rumah
Agar kamu tidak bosan saat belajar di rumah, kamu bisa mencari tempat nyaman di dalam rumahmu untuk diubah menjadi tempat belajar. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan area teras atau balkon rumahmu untuk belajar. Namun, jika kamu lebih nyaman belajar di dalam kamar maka berikan sedikit perubahan dengan cara mendekor meja belajarmu agar kamu lebih bersemangat belajar.

2. Sediakan peralatan belajar dengan lengkap
Sediakan alat belajar mulai dari buku, pensil, pulpen, penghapus, penggaris, dan lain-lain serta pastikan koneksi internetnya lancar. Tujuan dari kelengkapan alat belajar adalah agar memudahkanmu dalam proses belajar.

3. Jauhkan benda yang membuatmu kurang fokus
Belajar dari rumah pasti tidak luput dari gangguan-gangguan yang membuatmu kurang fokus. Gangguan tersebut bisa datang dari televisi, mainan atau gawai (smartphone). Sehingga usahakan ketika belajar abaikan gangguan-gangguan tersebut.

4. Jangan menunda
Usahakan setiap tugas yang diberikan langsung diselesaikan di hari itu juga. Biasakan membuat jadwal atau rencana kegiatanmu setiap harinya. Karena apabila tugasmu dibiarkan menumpuk maka akan menambah beban pikiranmu untuk belajar.

5. Siapkan camilan
Kegiatan belajar tentunya akan membuat tenaga terkuras ketika proses berpikir atau mengerjakan tugas ketrampilan. Supaya tetap semangat belajar maka sediakan camilan secukupnya saja. Sesuaikan camilan dengan kesukaanmu.

6. Menjaga kesehatan mental
Kalian bisa melakukan olahraga ringan, makan makanan yang sehat, dan bergizi. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Selain itu lakukan aktivitas yang kalian senangi misalnya melakukan panggilan video dengan teman, guru, atau keluarga yang jauh yang kalian rindukan dan lain-lain.

Demikian beberapa tips mengatasi kejenuhan belajar dari rumah. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa kembali belajar di sekolah, dan dapat beraktivitas normal seperti semula.

*Ditulis oleh: Endang Sari, S.Pd (pendamping kelas 6 Ibnu Batutah)