Semangat Rayakan Milad Muhammadiyah

MALANG – Memperingati Milad Muhammadiyah ke 106 M/ 110 H, guru dan siswa SD muhammadiyah 9 melaksanakan kegiatan pawai. Dimulai pukul 07.00 WIB, pawai diberangkatkan dengan kelompok siswa  yang tergabung dalam ekstra drum band di barisan terdepan.

Dalam pawai tersebut guru dan siswa mengenakan pakaian yang beragam. Diantaranya busana adat daerah, busana muslim, pakaian ala pahlawan dan seragam ala TNI Polri. Karena kegiatan digelar, selain memperingati Milad Muhammadiyah juga memperingati hari pahlawan.

Tidak hanya itu, setiap siswa juga membawa poster dengan berbagai tulisan yang berisi ucapan atau pesan. Misalnya, selamat Milad Muhammadiyah yang ke 106 M, Islam Agamaku Alquran Pedomanku, every child is special, selamat hari pahlawan kobarkan semangat perjuangan, dan lain sebagainya.

Usai pawai, acara dilanjutkan dengan pentas seni siswa. Berbagai kreativitas seni ditampilkan oleh siswa, termasuk penampilan siswa dari kelas inklusi.

“Tujuannya untuk membangun kreativitas anak-anak dalam berfastabiqul Khoirot. Bahwa setiap siswa mempunyai kelebihan masing-masing. Every child is special, perlu untuk selalu dipupuk dalam membangun kepercayaan diri yang bersifat positif,” ujar Waka Kesiswaan, Arip Hidayat, M.PdI.

Dengan memperingati Milad Muhammadiyah, Arip berharap dapat memberikan semangat kepada siswa dan tidak melupakan sejarah Muhammadiyah. Sehingga siswa menjadi kader Muhammadiyah yang tangguh dengan semangat amar ma’ruf nahi munkar. “Sesuai tujuan didirikan Muhammadiyah yaitu mewujudkan manusia yang sebenarnya sesuai Alquran dan assunnah,” katanya.

Selain memperigati milad Muhammadiyah, SD Muhammadiyah 9 juga memperingati Hari Pahlawan. Dalam hal ini Arip berharap agar siswa bisa bersemangat seperti semangat para pahlawan Nasional dalam membangun negeri. “Seperti semangat Panglima Besar Jendral Sudirman, dimana beliau adalah sosok kader Muhammadiyah dari Hizbul Wathan yang berperan aktif dalam membangun NKRI,” tukasnya.

Kepala SD Muhammadiyah 9 Jenderal Sudirman Malang, Sony Darmawan, M.Pd mengatakan usia 106 merupakan usia yang sudah matang untuk sebuah organisasi besar seperti Muhammadiyah. Ia berharap kedepannya pergerakan Muhammadiyah berkemajuan dan semakin mencerahkan masyarakat. “Termasuk ada amal usaha Muhammadiyah, yang SD Muhammadiyah 9 turut andil di dalamnya,” kata Sony.

Ia menambahkan, tantangan kedepan untuk Islam dan bangsa Indonesia semakin berat. Terutama dalam menghadapi ere industri milenial 4.0 saat  ini. “Gagasan yang tepat tentu mengedepankan pembelajaran karakter dengan menjunjung tinggi nilai kearifan, keislaman dan sosial,” terangnya.

SD Muhammadiyah 9 sendiri memiliki target yang harus dicapai dalam satu tahun kedepan. Yaitu meningkatkan prestasi di semua bidang hingga mencapai prestasi tingkat nasional. “Untuk mencapai itu, mulai semester depan ada peningkatan pembinaan di bidang olimpiade dan bakat minat,” imbuhnya.

Sementara untuk jangka panjang, kata Sony, pihaknya telah berencana untuk melakukan program pertukaran pelajar dengan sekolah di Malaysia dan Singapore. “Harapannya wawasan dan pengetahuan siswa lebih siap menghadapi era global di tingkat internasional,”pungkasnya. (imm/sir/oci)

Sumber : https://malang-post.com