Semangat dan Dukungan Guru Bekal Mendulang Prestasi

MALANG – Prestasi dapat menjadi salah satu bukti berhasilnya sebuah proses pendidikan, apalagi jika prestasi tersebut dapat diraih di berbagai bidang pembelajaran baik akademik maupun bidang pembinaan bakat dan kreativitas. Seperti  halnya segudang prestasi yang sukses diraih siswa-siswi SD Muhammadiyah 9 yang beberapa waktu lalu mencatatkan namanya sebagai para juara dalam lomba tingkat Kota Malang dan Malang Raya.
Kesuksesan ini pun dinilai pihak guru sebagai hasil dari bentuk kesungguhan peserta didik dalam berkompetisi khususnya kompetisi. Semangat dan dukungan yang terus diberikan guru menjadi bekal utama para siswa dalam berlomba. “Bagi kami semangat anak-anak dalam berlomba adalah yang pertama. Kalah atau menang bukan menjadi persoalan. Karena sesungguhnya menjadi pemenang adalah hadiah dari Allah bagi mereka yang bersungguh-sungguh dan melakukan yang terbaik,” ujar Arip Hidayat, S.PdI Waka Kesiswaan SD Muhammadiyah 9.
Berprestasi memang sudah menjadi tradisi SD Muhammadiyah 9. Namun prestasi yang telah diraih tak membuat sekolah di Jalan R. Tumenggung Suryo ini menghentikan langkah untuk berbuat yang lebih baik. Justru hal ini menjadi motivasi guru dan siswa agar dapat berprestasi lebih gemilang. Menurut Arip, tahun lalu perlombaan yang diikuti siswanya tidak sebanyak pada tahun ini. Hal tersebut dikarenakan informasi yang didapat serta persiapan tahun ini lebih memungkinkan para siswa untuk mengikuti beberapa kompetisi.
Dalam satu semester terakhir saja, rentetan kejuaraan prestasi dari beberapa perlombaan yang diikuti siswa-siswi SD Muhammadiyah 9 tingkat Malang Raya cukup banyak.  Antara lain pada bulan November lalu juara umum lomba Gebyar Muharram, juara 1-2 Pildacil, juara 1 menggambar dan mewarna dan juara 1 fashion muslim. Bulan Februari juara 3 pidato bahasa Inggris, juara 3 baca tulis puisi, juara 2 Fashion show, juara 2 mewarna dan juara 2 kaligrafi. Bulan Maret Juara 3 lomba Futsal, juara 2 lomba Catur, juara 3 lomba Festifal Anak Berprestasi Indonesia III, juara 3 olimpiade IPS dan juara 2 Try Out. Dan pada bulan April juara 3 lomba MTQ, juara 3 lomba hafalan surat pendek dan lomba Ajang Prestasi Inovasi IV.
Untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam sebuah pendidikan diperlukan sebuah kerjasama antara guru dan siswa. Semangat para siswa dalam belajar perlu diimbangi oleh inovasi guru dalam mengajar. Dan untuk menjaga semangat para siswa ini, para guru dituntuk untuk selalu memotivasi agar ketekunan peserta didik dalam belajar terus terjaga. “Untuk itu kami selalu memberikan penghargaan bagi murid yang berprestasi, salah satunya dengan mengumumkan di depan teman-temannya saat upacara. Agar tambah semangat dan memotivasi yang lain untuk juga berprestasi,” terang Arip.
Namun ia menegaskan kerjasama guru dan siswa tidak cukup tanpa adanya andil orang tua yang ikut serta menjaga intensitas belajar putra-putrinya saat di rumah. Pasalnya bagaimanapun juga waktu yang dimiliki anak tetap lebih banyak di luar sekolah dari pada di sekolah sendiri. Maka pengawasan dan bimbingan orang tua sangatlah dibutuhkan sebagai bentuk kerjasama dengan guru sehingga hasil dari pendidikan yang diharapkan dapat tercapai. (imm/sir/nda)

Sumber : http://malang-post.com