SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, Karya Komik Siswa Terdaftar Hak Cipta

Setiap anak punya keistimewaan. Setiap mereka spesial. Apabila potensi yang dimiliki bisa diasah dengan optimal dan mendapat pembinaan yang tepat, maka akan menjadi kekuatan besar dalam diri mereka. Itu yang menjadi keyakinan SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, yang memiliki motto Every Child is Special.

Dan itu benar adanya. Dua siswa SD Muhammadiyah 9 baru-baru ini berhasil menyelesaikan satu komik cerita bergambar. Hebatnya, dua karya kreatif itu sudah terdaftar sebagai hak cipta. Tentu ini menjadi pencapaian yang membanggakan.

Mereka adalah Serafina Cheryl Herva Susanto, siswi kelas 5 dan Arlinda Najla Zhafirah siswi kelas 6. Keduanya layak menjadi inspirasi bagi teman-temannya.

Kepada , Serafina Cheryl Herva Susanto berbagi pengalamannya dalam membuat komik tersebut. Ia menyelesaikan karyanya yang berjudul Indahnya Kejujuran itu, hanya dalam waktu dua minggu. “Untuk narasinya tidak begitu sulit, hanya saat menentukan pose gambarnya saja yang agak kesulitan,” ujar putri pasangan Heru Susanto dan Purna Vanita ini.
Baca Juga :  Tunggu Sarpras Lengkap, Pedagang Pasar Pagi Siap Tempati Stadion

Hal senada dikatakan Arlinda Najla Zhafirah. Putri dari Arief Syaiful Rachman dan Silvy Rosalinda ini antusias membuat karya komik sebagai satu pengembangan bakatnya di bidang literasi.

Karyanya yang berjudul Jujur Itu Mulia, mengandung satu pesan penting bagi pembaca. “Isinya menceritakan bahwa sifat jujur itu wajib kita miliki. Sepandai-pandainya orang berbohong, pasti suatu saat akan ketahuan juga,” terang siswi berkacamata ini.

Kepala SD Muhammadiyah 9, Sony Darmawan, S.Pd., M.Pd., tidak dapat menyembunyikan rasa bangganya terhadap prestasi anak didiknya tersebut. Komik bernilai edukasi merupakan satu karya yang jarang diciptakan oleh warga sekolah. Apalagi itu karya siswa. “Ini satu karya kreatif yang cukup membanggakan dari anak-anak kami,” katanya kepada New Malang Pos.

Guru Seni Budaya SD Muhammadiyah 9 Malang, Abdur Rachman, S.Pd. tutur memberikan komentar terkait prestasi ini. Menurutnya, Cheryl dan Arlin merupakan dua diantara banyak siswanya yang berbakat di bidang seni lukis. Potensi keduanya itu dipadukan dengan kemampuan literasi yang baik sehingga menghasilkan karya hebat.

“Menurut saya ini luar biasa. Karena membuat cerita bergambar lebih sulit dari sekedar melukis saja. Perpaduan dua literasi gambar dan narasi cerita menjadi karya yang menarik,” katanya.

Rachman berharap kemampuan siswanya itu terus berkembang dengan terus Istiqomah belajar dan berlatih. Apalagi di kelas 5 sudah ada materi pelajaran Cerita Bergambar. Jadi sangat potensial untuk mengembangkan kreativitas siswa di bidang seni. “Cerita gambar menjadi salah satu sub bab di materi seni,” kata dia.

Guru SD Muhammadiyah 9 terus memberikan pendampingan maksimal dari setiap bakat dan kemampuan yang dimiliki siswa. Baik melalui materi pelajaran reguler, muatan lokal maupun ekstrakurikuler. Setiap anak benar-benar menjadi spesial di sekolah Jalan Tumenggung Suryo ini. (sir/imm)

Referensi : https://newmalangpos.id/sd-muhammadiyah-9-kota-malang-karya-komik-siswa-terdaftar-hak-cipta