Praktik Berbagi, Siswa Ini Kumpulkan Nasi Bungkus untuk Jamaah Masjid

Sejumlah siswa SD Muhammadiyah 9 Malang yang terdiri dari perwakilan masing-masing kelas 3 mengadakan kegiatan Jumat Berkah, Jumat Berbagi di depan Masjid Panglima Sudirman, Jumat (25/1/2019).

Sebanyak kurang lebih 130 nasi bungkus dibagikan kepada jamaah. ”Kegiatan ini merupakan  implementasi dari materi tema 5 subtema 3 yaitu tentang berbagi,” ujar Komariah Rahayu, guru kelas 3.

Sebenarnya, kata dia menambahkan, kegiatannya membuat poster tentang berbagi. Tapi alangkah baiknya jika langsung kita terapkan agar anak-anak benar-benar mengerti arti berbagi.

Nasi bungkus yang dibagikan berasal dari seluruh siswa kelas 3. Tiap siswa hari itu diminta membawa minimal dua bungkus. ”Selain dibagikan ke para jamaah Jumat, juga ada makan bersama untuk kelas 3. Kegiatan ini tetap kami lanjutkan. Nanti kami atur teknisnya sehingga program ini bisa menjadi program bersama sekolah dari kelas 1-6, ” terangnya.

Kegiatan tersebut mendapat respon yang baik dari jamaah shalat Jumat. Seperti yang disampaikan Supari, seorang karyawan swasta. ”Kaget tadi turun dari masjid langsung  disambut nasi bungkus. Terima kasih untuk siswa sini. Program yang bagus. Semoga istiqomah dan bisa menginspirasi yang lain,” tuturnya.