Pembelajaran Daring yang Menyenangkan

Pandemi Covid 19 yang sudah terjadi hampir selama 2 tahun ini, membuat kita sebagai guru berpikir dan berusaha untuk merancang maupun menentukan metode pembelajaran yang menyenangkan, tidak monoton serta konstektual sehingga membuat peserta didik lebih mudah dan tidak merasa tertinggal dalam memperoleh pembelajaran. Selain dituntut untuk menentukan metode pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran daring, guru juga diharapkan dapat bekerjasama dengan orang tua peserta didik untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal.

Meskipun guru maupun orang tua peserta didik sudah bekerjasama dan berusaha untuk menciptakan pembelajaran maupun susana pembelajaran yang menarik dan tidak monoton , tetapi masih saja kejenuhan yang dirasakan oleh peserta didik selama pembelajaran daring membuat proses pembelajaran daring kurang berjalan dengan maksimal. Maka dari itu, ada beberapa tips pembelajaran yang menyenangkan untuk guru dan untuk peserta didik sebagai berikut.

Tips untuk guru

1. Agar materi pembelajaran secara daring itu lebih efektif dan menarik, guru harus memetakan materi yang akan disampaikan, misalnya dengan mind map.

2. Sebelum pembelajaran guru dapat menyiapkan materi pembelajaran yang menarik, misalnya dengan menggunakan powerpoint, yang dilengkapi dengan audio visual.

3. Untuk meningkatkan perhatian/fokus siswa, di awal materi guru bisa membuat beberapa kuis yang dapat dijawab secara real time.

4. Tingkatkan interaksi guru dan siswa dengan sesi tanya jawab dan cobalah project based learning.

5. Guru juga bisa memberikan apresiasi kepada siswa dan lakukan evaluasi secara berkala terhadap capaian pembelajaran.

Tips untuk siswa

1. Tanamkan motivasi yang kuat bahwa belajar adalah kebutuhan.

2. Upayakan mencari posisi/tempat dengan sinyal internet yang baik dan mengondisikan ruang belajar yang nyaman dan aman.

3. Lakukan rutinitas selayaknya sekolah biasa.

4. Buatlah jadwal belajar harian dan pengumpulan tugas.

5. Usahakan menyimak materi dengan baik dan membuat catatan.

6. Selalu aktif bertanya/berpendapat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

7. Jangan lupa selalu menjaga kesehatan selama belajar.

Selain hal tersebut, hal terpenting untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan ketika daring yaitu adanya kerjasama yang baik antara guru, orangtua siswa, dan peserta didik. Semoga dengan tulisan ini dapat membuat pembelajaran daring menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

 

Ditulis oleh: Ustadzah Farah Nur Khabibah S.Pd (pendamping kelas 2 Fathonah)

 

Daftar referensi:

https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/31/051700471/tips-pembelajaran-daring-yang-menyenangkan-bagi-guru-dan-siswa?page=all