Mengenal Air Lebih Dekat di Sumber Maron

Pengalaman belajar dapat memberi kesan yang mendalam pada diri setiap siswa sehingga dapat memicu pengetahuan dan motivasi siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Oleh karena itu, siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 9 Malang mengadakan  Outing Class dengan mengangkat tema “Lingkungan dan Sahabatku”. Outing Class tersebut diadakan pada tanggal 6 April 2017 dengan mengunjungi Wisata Pemandian Alam Sumber Maron, yang terletak di Malang bagian selatan. Sumber Maron merupakan sumber air jernih dan bersih serta air terjun kecil yang terdapat di dalamnya berada di antara sawah-sawah yang hijau dan memanjakan mata di sekitarnya. Sejak dibuka pada April 2016 lalu pengunjung yang datang tidak hanya warga lokal, namun kebanyakan pengunjung berasal dari luar kota. Para pengunjung biasanya datang untuk menikmati pemandangan indah khas pedesaan.

Bertepatan dengan tema pada minggu tersebut tentang Lingkungan, Louis Ifka selaku koordinator tim guru kelas 5 menyampaikan bahwa Outing Class tersebut bertujuan untuk mengenalkan air lebih dekat pada siswa. Sehingga siswa tidak hanya mendapat pengetahuan dari teori-teori yang disampaikan guru atau buku di dalam kelas. “Outing Class  ini diadakan sebagai aplikasi kompetensi dasar secara kontekstual dengan praktek lapang, kemudian kenapa memilih Sumber Maron itu dengan pertimbangan lokasi yang aman pada sumber air, selain itu pertimbangan cuaca juga intensitas hujan yang tinggi yang mampu mempengaruhi kualitas sumber air”. Louis menambahkan Selain itu, pemilihan Sumber Maron sebagai tempat Outing Class mempunyai tujuan jangka panjang, harapannya kedepansekolah bisa bekerjasama dengan warga lokal setiap kali sekolah ada kegiatan.

maron1Pukul 08.00 WIB rombongan Outing Class  sebanyak …. siswa yang didampingi 7 orang guru berangkat ke lokasi dengan menggunakan 7 unit angkutan kota (angkot). Menempuh perjalanan selama 45 menit rombongan tiba di lokasi. Sesampai di lokasi rombongan langsung menuju ke sumber air dengan menapaki pematang sawah sejauh kurang lebih 200 m. Sebelum kegiatan dimulai, salah satu guru mengarahkan siswa untuk melakukan persiapan kegiatan yang akan dilakukan dengan panduan Lembar Kerja Lapangan selama di Sumber Maron. Setelah mendapat pengarahan siswa secara berkelompok melakukan survey sumber air yang ada di sekitar. Beberapa kelompok terlihat sedang mengamati warna, bau dan rasa dari sumber air. Mengamati rasa dan bau dari air secara langsung menjadi keseruan dan pengalaman tersendiri bagi siswa yang sebelumnya tidak pernah mereka lakukan. Beberapa kelompok siswa juga terlihat sedang melakukan wawancara dengan warga sekitar yang juga merupakan penjual makanan di sekitar pemandian tentang pemanfaatan sumber air yang dilakukan oleh warga sekitar Sumber Maron. Bahkan beberapa kelompok siswa juga melakukan wawancara ke beberapa pengunjungobjek wisata tersebut.

Selama kurang lebih 40 menit kegiatan survey selesai dilakukan, siswa istirahat dan menikmati bekal yang telah dibawa dari rumah masing-masing. Setelah bekal habis, siswa menikmati terpaan angin sepoi di bawah pohon-pohon rindang sekitaran objek wisata.Waktu istirahat selesai, siswa melanjutkan kegiatan yang memang sudah dinanti-nanti dan menjadi kegiatan favorit pengunjung di Sumber Maron yaitu berenang dan river tubing. Selain dapat menikmati pemandangan alam khas pedesaan, pengunjung di Sumber Maron juga dimanjakan dengan berbagai aktivitas air seperti berenang, bermain air, dan tubing. Pada kegiatan tubing, giliran guru yang dibagi menjadi 2 kelompok untuk mengawasi kegiatan tubing  siswa. Karena kegiatan tubing tersebut mengharuskan siswa menghanyutkan diri mengikuti arus sungai, maka peran guru di kegiatan ini sangat diperlukan. Sehingga dari titik keberangkatan tubing ada guru yang bertugas dan dari titik pemberhentian tubing juga ada guru yang bertugas.

Terlarut dalam keseruan bermain air, nampak siswa masih semangat seakan enggan untuk kembali ke sekolah. Pukul 13.00 WIB siswa diberi kesempatan untuk membersihkan diri dan berkemas persiapan kembali ke sekolah. Setelah berkemas, tak lupa guru dan siswa dengan kompak membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar. Tepat pukul 14.00 WIB rombongan Outing Class kembali ke sekolah. (Tim Pewarta SD Muhammadiyah 9 Malang)