Latihan Mengenal Mata Uang, Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, Menggelar Praktek Pasar Kelas

Jika berbicara tentang inovasi pembelajaran, memang SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, adalah gudangnya guru bidang inovasi media pembelajaran. Bahkan beberapa prestasi sudah diraih guru di sekolah yang dipimpin oleh Kasek Soni Darmawan, SPd, MPd, ini.

Latihan Mengenal Mata Uang, Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, Menggelar Praktek Pasar Kelas 1
MERIAH: Suasana pasar kelas di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang.

Seperti hari Rabu (9/10) kemarin, berbeda dengan sekolah laiannya, SD Muhammadiya 9 Kota Malang menggelar pasar kelas. Ya, pasar kelas? Koordinator pelaksanaan pasar kelas, Novi Prawita, SPd, menjelaskan tentang pasar kelas SD Muhammadiyah 9 Kota Malang.

Disebut pasar kelas, kata Novi-nama panggilan Novi Pravita-karena siswa yang berada di kelas menggelar miniatur pasar di halaman sekolah. Keberadaan pasar kelas ini didesain semirip mungkin dengan keberadaan pasar pada umumnya. Sehingga siswa benar-benar merasakan suasana pasar yang dilihatnya.

Latihan Mengenal Mata Uang, Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, Menggelar Praktek Pasar Kelas 2
PENGUSAHA KECIL: Menjadi pengusaha

Pasar kelas ini diungkapkan Novi ada kaitannya dengan mata pelajaran di sekolah. Mata pelajaran tersebut tematik  matematika yang ada hitungan menghitungnya maupun mata pelajaran yang kaitannya dengan ekonomi. Berangkat dari sinilah guru berinovasi membentuk panitia untuk membuat pasar kelas.

Aktivitas di pasar kelas ini, kata Novi, sama persis seperti pasar pada umumnya. Yaitu ada transaksi jual beli, ada hitungan pengembalian uang, hingga bagaimana memasarkan suatu produk. Tapi semua yang ada di pasar kelas ini fokusnya pembelajaran siswa terhadap mata uang kemandirian, kerjasama, dan hitung menghitung.

Novi lantas mencontohnya ketika siswa membeli suatu produk dengan uang Rp 1.000 jika ditukarkan bisa menjadi uang pecahan berapa saja. Uang yang digunakan dalam pasar kelas ini adalah uang kartu yang sering diunakan sebagai media pembelajaran. Itu sebabnya, Novi berharap setiap tahun selalu ada pasar kelas. Selain efektif sebagai media pembelajaran juga melatih siswa untuk mandiri, berani, dan latihan mata uang. (foto: diah/pewarta: doni osmon)