Kesabaran Menghadapi Pandemi

Keadaan bumi sekarang kurang sehat, lebih tepatnya sedang mengalami keterpurukan, tidak hanya dari segi ekonomi melainkan dari berbagai hal. Baik kesehatan, sosial dan pendidikan. Keadaan ini dialami oleh semua negara. Hal ini merupakan dampak dari adanya Covid-19 saat ini.

Dengan adanya wabah ini masyarakat memiliki banyak keluhan, sehingga mereka mengalami tingkat kesetresan yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena banyak orang yang mengalami PHK, pedagang yang merasa dagangannya kurang laku, dan lain sebagainya. Keadaan ekonomi yang seperti ini membuat masyarakat merasakan kurangnya pemasukan untuk keluarga sedangkan kebutuhan tidak bisa dikurangi. Kebutuhan pangan terutama, dimana kebutuhan pangan yang menjadikan tubuh kita agar kuat dalam segala aktivitas.
Baik aktivitas bekerja, belajar, dan lainnya.

Tubuh kita membutuhkan asupan makanan yang cukup agar imun dalam tubuh bisa stabil. Agar tidak mudah terserang virus, baik virus Covid-19 maupun yang lainnya. Untuk memperkuat imun tidak hanya dari makanan melainkan dari pola fikir kita. Dimana pola fikir kita yang harus selalu memiliki pikiran positif, tidak perlu memili rasa kekhawatiran yang berlebih, menjalani semua dengan sabar.

Semua bisa kita lakukan dengan berpedoman pada ayat Al-quran surat Al Baqarah ayat 45 yang berbunyi: واستعين با الصبر والصلاة وانها لكبيرة الا علي الخا شعين
Artinya: “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali orang-orang yang khusyuk”.
Dalam surat ini menjelaskan bahwa Allah memerintahkan untuk tetap sabar dan sholat sebagai penolong kita. Dalam tafsir Jalalain menjelaskan memintalah pertolongan dalam menghadapi urusan atau kesulitan-kesulitanmu dengan bersabar dan menahan diri hal-hal yang tidak baik dengan sholat.

Dengan adanya ayat ini. Kita bisa berfikir kembali. Keadaan yang seperti ini bisa kita atasi dengan keadaan yang tenang dan sabar, kemudian kita kembalikan semuanya pada Allah Sang Maha penolong. Agar semua fikiran menjadi sehat tubuhpun akan merespon dengan baik sehingga tubuh bisa menjadi sehat.

Selain memperhatikan dari segi asupan makanan, pola pikir juga turut mengambil andil penting dalam pembentukan imun yang baik. Cara kita bisa selalu menerapkan hal positif untuk melawan covid-19.

1.Berfikir positif, agar tidak terpaku pada kekhawatiran terhadap covid dengan kita alihkan pada mengembangkan suatu ide, sehingga pikiran kita lebih tenang tidak terpengaruh dengan dampak negatif dari covid yang membuat kita tidak memunculkan ide produktif.

2. Tidak menelan mentah-mentah tentang yang belum pasti kebenarannya. Banyak dari masyarakat yang masih belum bisa menyaring informasi yang beredar bebas diluaran sana sama mengenal covid. Banyak yang memberikan memberikan tanpa merujuk pada sumber yang tepat. Hal ini menjadi empuk bagi penyebar berita hoax untuk memperkeruh suasana terutama pada pemikiran kita, sehingga dengan mudahnya kita terprovokasi akan adanya berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Oleh karena itu, lebih bijaklah dalam menelaah sebuah informasi, pilahlah pada sumber yang terpercaya.

3. Melakukan banyak aktivitas/menyibukkan diri dengan melakukan banyak aktivitas maka, secara otomatis otak akan mengalihkan segala kecemasan kita pada aktivitas yang positif tersebut. Moodpun terjaga dengan baik, maka secara otomatis imunpun akan baik karena tingkat stres perlahan mulai menurun dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan.

*Ditulis oleh: Ustadzah Silvi Lailatul S.Pd. (pendamping kelas 2 Shiddiq)