Belajar Berbelanja di Pasar Tradisional dan Pasar Modern

Outing class atau yang sering disebut dengan pembelajaran ke luar merupakan program sekolah yang menunjang pembelajaran siswa-siswi SD Muhammadiyah 9 Malang. Alasan utama dari outing class di SD Muhammadiyah 9 Malang ini adalah dengan program pembelajaran ke  luar, maka pembelajaran akan lebih menyenangkan dan bermakna. Mengapa demikian? Karena dengan outing class, seluruh siswa tidak hanya menerima materi pelajaran di kelas, juga tidak hanya melihat video pembelajaran, tetapi mereka akan mengetahui langsung keadaan di lapangan. Ibarat kata “makan nasi tanpa lauk kuranglah lengkap”yang artinya meskipun pembelajaran di sekolah sudah dilakukan dengan sangat baik dan menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran, tetapi tanpa outing class, maka proses pembelajaran seperti kurang bermakna.

Tentunya, kegiatan outing class tidak harus dilakukan setiap waktu, tetapi dapat disesuaikan dengan tema pembelajaran. Seperti yang dilakukakan olehSD Muhammadiyah 9 Malang ini memiliki jadwal serta kegiatan yang beraneka ragam dalam kegiatan outing class. Salah satunya adalah siswa-siswi kelas 1 yang baru-baru ini melakukan outing class ke pasar modern dan pasar tradisonal. Wow … siswa-siswi kelas 1 pergi ke pasar ???Apa yang mereka pelajari di pasar ???. Tentu, banyak yang mereka pelajari melalui kegiatan outing class tersebut.

Kegiatan outing class ke pasar modern dan pasar tradisional yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas 1 pada hari Rabu, 1 Februari 2017 ini berjalan dengan sangat lancar. Mereka menerima banyak ilmu dari kegiatan outing class yang sederhana ini. Dengan memasuki pasar modern dan tradisional, maka siswa akan memahami dan mengetahui perbedaan serta kelebihan dan kelemahan antara pasar modern dan pasar tradisional. Selain itu, siswa kelas 1 juga dapat mempelajari berbagai macam contoh kebutuhan pokok, seperti jenis-jenis sayuran, jenis-jenis buah-buahan, dan jenis kebutuhan pokok lainnya.

belajar-belanja01

Pada gambar di atas, tampak siswa-siswi kelas 1 belajar berbelanja di pasar tradisional yang terletak di Oro-Oro Dowo. Mereka memilih barang dagangan seperti sayuran, lalu menanyakan dan menawarkan harga. Nah, dari kegiatan ini, siswa-siswi kelas 1 dilatih berkomunikasi dengan sopan kepada penjual. Selain itu, mereka juga dilatih untuk bersabar menunggu giliran membeli.

Lain pasar, lain juga kegiatan berbelanja di pasar modern. Seperti tampak pada gambar di samping, siswa- siswi memilih sendiri barang yang akan dibeli di pasar modern “SuperIndo”. Mereka terlihat sangat antusias dalam memilih barang dan juga membayar di kasir secara personal. Nah, dari kegiatan ini, siswa-siswi kelas 1 juga dilatih bersabar mengantri di kasir dan tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan   keributan.

Nah, kegiatan di atas adalah kegiatan outing class kelas 1 di SD Muhammadiyah 9 Malang. Dengan kegiatan tersebut, siswa kelas 1 akan dapat membedakan situasi dan perbedaan pelayanan serta cara bertransaksi di antara pasar modern dan pasar tradisional. Itulah salah satu manfaat kegiatan Outing Class, siswa akan mendapatkan pembelajaran yang bermakna dari setiap kegiatan pembelajaran. Banyak lagi kegiatan outing class yang dilakukan tiap tingkat kelas yang tidak kalah hebatnya. Karena SD Muhammadiyah 9 akan selalu memberikan pembelajaran yang bermakna dan bervariasi untuk siswa-siswanya yang salah satunya adalah outing class. (Ann)

Siswa memilih barang belanjaan

Siswa memilih barang belanjaan

Siswa mengantri di kasir Superindo

Siswa mengantri di kasir Superindo