38 Siswa SD Muhammadiyah 9 Malang Wisuda Alquran

SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang mewisuda tahfidz dan Alquran 38 siswa, Sabtu (14/3) .  Acara yang digelar di Masjid Jenderal Sudirman Jalan Tumenggung Suryo dihadiri ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Blimbing, dewan guru dan orang tua siswa wisudawan.

Prosesi wisuda berlangsung khidmat dengan pembacaan ayat-ayat Alquran oleh para wisudawan.  Diawali dengan pembacaan surat-surat pendek juz 30 dan penampilan beberapa siswa dari masing-masing kategori, yaitu kategori tahfidz juz 30, juz 29, juz 28 dan juz 27, serta kategori tartil.  Jumlah siswa wisudawan dari kategori tahfidzul qur’an 16 siswa Juz 30, sembilan siswa Juz 29, tiga siswa juz 28, satu siswa siswa juz 30 dan 29, satu siswa juz 28 dan 27. Sedangkan kategori tartilul quran atau khatam alquran terdiri dari 14 siswa.
“Ini belum satu tahun, tapi anaka-anak sudah hafal Alquran. Sehingga wisuda bisa kami gelar lebih cepat.  Ini bekat kesungguhan guru dan siswa serta didukung kerjasama yang baik dengan orang tua,” kata Kepala SD Muhammadiyah 9, Sony Darmawan, S.Pd., M.Pd.

Dalam momen tersebut dia merasa bahagia. Kegiatan wisuda seyogyanya digelar sekali dalam setahun. Pembinaan Alquran oleh para guru dimulai pada Juli 2019. Seharusnya wisuda baru bisa digelar Juni.
Sony mengungkapkan, guru telah melaksanakan kewajiban mereka semaksimal mungkin dengan pembinaan terbaik untuk peserta didiknya. Prosesi wisuda merupakan bukti bahwa pembinaan selama ini telah berhasil. Ditambah lagi dalam acara tersebut, ada sesi uji publik yang memberikan kesempatan pada orang tua dan seluruh undangan untuk menguji langsung kemampuan para siswa.
“Alhamdulillah ini pencapain dari kewajiban yang kami laksanakan. Setiap tahun jumlah wisudawan semakin meningkat. Sekolah selalu melakukan perbaikan program agar hasilnya semakin bagus,” ungkapnya.

Sony menambahkan, dirinya bersama para guru menginginkan siswa SD Muhammadiyah 9 minimal bisa hafal Alquran juz 30. Upaya untuk mencapai keinginan tersebut terus ditingkatkan dan menuai hasil yang memuaskan. Karena diantara siswa bahkan ada yang berhasil menghafal juz 29, 28 dan 27.

Hal tersebut kata dia, juga tidak lepas dari pembiasaan membaca Alquran di SD Muhammadiyah 9, yang dalam sehari sampai tiga kali. Di awal pembelajaran, tengah dan akhir pembelajaran. “Semoga siswa-siswi kami menjadi anak-anak saleh dan salehah yang menjadikan Alquran sebagai hiasan dalam hidupnya,” harap Sony.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PCM Kecamatan Blimbing Drs. Bambang Mulyadi., turut berbangga menyaksikan siswa-siswi hebat generasi Alquran yang dicetak SD Muhammadiyah 9 Malang. Ia menyampaikan terima kasih atas kerja keras guru serta partisipasi orang tua dalam mendukung program sekolah.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada guru yang telah mendidik siswa menjadi generasi qurani. Kami patut berbangga, termasuk kepada orang tua yang masih perhatian pada putra putrinya di bidang Alquran. Karena di masa kini biasanya orang tua lebih bangga kalau prestasi anaknya di bidang umum,” ucapnya.

Menurutnya, dengan dekat Alquran derajat seseorang menjadi mulia di sisi Allah. Seperti halnya kemuliaan Malaikat Jibril karena menyampaikan Alquran pada Nabi Muhammad, Malam Lailatul Qodr dan Ramadan menjadi mulia karena turunnya Alquran. “Demikian juga dengan kita, akan mencapai derajat mulia kalau dekat dengan Alquran,” pungkasnya.

Sumber malang-post.com